- See more at: http://kabarmalam.blogspot.com/2012/12/efek-kupu-kupu-terbang-di-blog.html#sthash.93WVmWUz.dpuf Angry Birds -  Hand

Kamis, 06 Februari 2014

TUGAS PAK NUNUK RIZA PUJI .ST

TUGAS DISTRO LINUX BUATAN INDONESIA

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang distro linux buatan  Indonesia yaitu : DEWA LINUX.



Linux merupakan salah satu sistem operasi unix yang free, sehingga OS tersebut diberi kebebasan untuk yg mengunakannya apa itu memakai, mengCopy, mendistribusikan, mempelajari, mengubah maupun meningkatkan software tersebut. Seperti linux ini DewaLinux adalah salah satu sistem OS Linux yang telah dikebangkan OLeh Tim KPLI_Jember yang juga Open Source. dengan melakukan sebuah pemograman dalam sistem tersebut maka Lahirlah Sistem Operasi linux yang diberi nama DewaLinux + ini produk asli jember loch, so klo rekan pengen tau kemapuan apa aja dalam Sistem Limux ini to pengin migrasi keLinux Hemm inilah waktunya, Download aja disini ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/dewalinux/



Dewalinux 3.0 adalah ciptaan anak bangsa ini(anak-anak Universitas Jember) yang user friendly karena turunan dari Ubuntu serta menitik beratkan pada warnet(warung internet) baik pada server ataupun kliennya. Adapun Dewalinux 3.0 ini sendiri adalah turunan dari Ubuntu 9.04/Jaunty Jackalope, paket 1 keping DVD sudah termasuk Dewalinux Warnet Server & Warnet Klien. Maka sangatlah pas bagi anda yang mempunyai warung internet yang berencana migrasi dari OS Windows ke Linux. Dewalinux 3.0 ini pun juga sudah dimodifikasi sehingga tampilan desktopnya tidak asing lagi bagi pelanggan & mirip dengan Windows 7. Dijamin tak kalah deh dengan produk Microsoft itu . Pihak dewalinux.web.id juga menyediakan support center hanya dengan membayar Rp. 300.000 untuk masa waktu 3 bulan, jadi tak perlu khawatir bila warnet anda mengalami masalah bisa langsung menghubungi technical supportnya baik melalui YM atau via telepon.
  

Dan masih banyak lagi. Semunya hanya sekali install saja. Terakhir, selain software ini bersifat legal karena opensource (tidak perlu khawatir razia software lagi), instalasi Dewalinux pun sangat cepat dan mudah. Saya sudah membuktikannya sendiri, dibutuhkan sekitar 30 menit maksimal (tergantung memori, kondisi cd/dvd rom atau spesifikasi umum lainnya) untuk proses instalasi. Setelah itu, tinggal mengatur printer sharing dan instalasi billing.


Buat teman-teman yang penasaran dengan Dewalinux Papuma, bias mengunduhnya di Mirror Universitas Jember. Seperti diketahui Dewalinux adalah turunan dari Ubuntu, maka cara instalasi sangat sama dengan ibunya. Berikut adalah step by step instalasi Dewalinux.
1. Persiapan Instalasi


2. Pemilihan Awal Bahasa Instalasi

Pilihlah bahasa yang anda kuasai untuk memudahkan dalam proses instalasi.
3. Pemilihan Lokasi


Pilihlah lokasi dengan mengeserkan mouse atau mengarahkan pada peta yang ada.
4. Pemilihan Keyboard


5. Persiapan Partisi

6. Pemartisian Harddisk

Edit Partisi, tentukan besar ukuran yang akan digunakan untuk Dewalinux. Format menjadi ext3 atau ext4 dan jangan samapi lupa untuk menentukan swap-nya
7. Memasukkan Username & Password


Isikan nama komputer yang akan digunakan. Kemudian masukkan username dan password, dan yang perlu diingat adalah bagian ini karena jika lupa maka harus siap-siap untuk melakukan instalasi kembali.
8. Siap Install

Disini akan ditunjukkan semua yang telah dilakukan pada saat instalasi: jenis bahasa, keyboard, wilayah, nama komputer, username dan tentunya partisi-partisi mana yang akan diformat dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan proses instlasi.
9. Proses Instalasi




screenshotdewalinux
Dewalinux hadir dengan tampilan yang sangat mirip dengan tampilan windows Vista, dan mirip juga dengan tampilan Linuxmint yang sama-sama merupakan turunan Ubuntu.
screenshotdewalinux3

Pada saat pertama booting, tampilan  splash screen yang menawan hadir dengan dasar warna biru dan tulisan Dewalinux warna Orange. Setelah masuk, kita mendapatkan sebuah tampilan desktop yang wah dengan background warna biru dan tulisan Dewalinux yang transparan dengan default beberapa widget.
dewalinux52


Bagi pengguna Windows yang baru menggunakan Linux akan sangat nyaman dalam menggunakan Distro Dewalinux, hal ini dimungkinkan dengan tampilan menu yang mirip dengan tampilan desktop Windows.
dewalinux71

Seperti biasa, saya mencoba Distro ini pada komputer saya yang masih PIII 866 Mhz dengan memory 256 Mb, Live CD berjalan lancar begitu juga dengan semua Aplikasinya.
Proses Instalasi bisa dilakukan dalam keadaan Live CD, cara Instalasi juga mudah, sama persis dengan tata cara Instalasi Ubuntu pada umumnya.
Aplikasi yang disematkan dalam Dewalinux cukup lengkap, dengan Open Office untuk Aplikasi perkantoran dan Codec multimedia yang lengkap, sehingga bagi pengguna awam bisa langsung menggunakan Komputernya untuk bekerja sambil mendengarkan File multimedia tanpa perlu repot menginstall aplikasi pihak ketiga seperti pada system Operasi Windows.

Terimakasih!!!!
Semoga bermanfaat... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar